Sedangkan Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu sistem yang membantu perusahaan dalam mengelola hubungan dengan konsumen. Dalam hal ini CRM bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui pelanggan-pelanggan potensial sehingga perusahaan mampu meningkatkan pelayanan dan perusahaan mampu menjaga pelanggan. CRM juga berguna untuk melihat dan menganalisa keinginan pelanggan sehingga proses pemasaran yang akan dilakukan perusahaan dapat berjalan dengan baik. Sistem CRM mampu menyatukan seluruh informasi pelanggan dari berbagai saluran sehingga perusahaan dapat meberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa SCM dan CRM memiliki hubungan yang saling mendukung dimana dalam SCM juga terjadi analisa terhadap keinginan pelanggan dan melihat produk-produk mana saja yang sangat disukai pelanggan. Demikian halnya dengan CRM yang mencoba mengumpulkan seluruh informasi mengenai pelanggan sehingga dapat diperoleh informasi yang akurat mengenai keinginan pelanggan. Sehingga perusahaan mampu menjaga agar pelangga tetap setia menggunakan produk perusahaan.
Kedua sistem ini mencoba untuk meneliti dan memberikan informasi bagi perusahaan agar mampu memberikan pelayanan yang lebih baik bagi konsumen. Sehingga target laba perusahaan mapu tercapai dan mampu meningkatkan citra perusahaaan di mata konsumen. Hubungan lainnya kedua sistem ini merupakan sistem antarorganisasi (Interrorganizatinal System) karena sistem ini tidak hanya terkait dengan satu organisasi saja. Pada SCM hubungan ini terjadi antara pemasok dan perusahaan penjual. Sedangkan pada CRM hubungan ini terjadi pada perusahaan, dealer maupun distributor lainnya.
Kedua sistem ini mampu menyatukan operasional sistem sehingga tidak terjadi tumpang tindih terhadap proses yang terjadi. Seperti pada perusahaan SAAB di Amerika sebelum menggunakan CRM pelanggan menerima informasi tentang produk mereka dari SAAB pada minggu pertama, dari dealer dan dari pihak ketiga. Padahal informasi yang diberikan umumnya. Sehingga dengan adanya CRM mampu menyatukan itu.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua sistem ini memainkan peranan penting terhadap pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Kedua sistem ini juga mengumpulkan informasi tentang konsumen sebagai acuan dalam usaha peningkatan produksi maupun inovasi terhadap produk baru demi memuaskan keinginan pelanggan.
(24 November 2008/ 21.57 WNAD)
sumber: http://alfaazzam03.wordpress.com/2008/11/24/hubungan-scm-dan-crm-terhadap-sistem-informasi/
Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, demi meningkatkan kualitas hidup dan demi kesejahteraan untuk umat manusia. [28 C]
Terima kasih atas kunjungan anda
Judul: Hubungan SCM dan CRM terhadap Sistem Informasi
Dipublikasikan Oleh Unknown
Dengan halaman: Hubungan SCM dan CRM terhadap Sistem Informasi ini.
Judul: Hubungan SCM dan CRM terhadap Sistem Informasi
Dipublikasikan Oleh Unknown
Dengan halaman: Hubungan SCM dan CRM terhadap Sistem Informasi ini.