>> Tentukan
dulu Segmentasi Pasar dan Target sasaran <<
:::>>SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang berbeda, dimana tiap kelompok (konsumen) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Dengan hal ini diperlukan survei pasar ke daerah-daerah yang potensial.
Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang berbeda, dimana tiap kelompok (konsumen) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Dengan hal ini diperlukan survei pasar ke daerah-daerah yang potensial.
TARGET PASAR:::<<
Sebuah produk atau jasa tidak dapat memasuki semua segmen pasar
dimasyarakat.
Oleh karena itu, diperlukan sebuah proses Targeting. Kejelian pemilihan
target pasar yang tepat akan mempermudah masuknya sebuah produk baru.
Apalagi dengan kondisi produk tersebut belum ada pesaing/belum ada
dipasaran. Melihat
target pasar berdasarkan penetapan pasar, Misal.. menetapkan pasar pada
sasaran kebutuhan keluarga, Lingkungan sosial,
Industri / Instansi.
>>
Tenaga Profesional dan
Tanggung Jawab <<
Profesionalisme seseorang
dapat dilihat dari kematangan dan kemampuan skill
yang dimiliki dalam menjalankan suatu usaha. Seseorang yang
melakukan suatu (kegiatan, aktivitas, usaha, pekerjaan) yang dilakukan
untuk mendapatkan (nafkah, kesenangan) atau memberi (konstribusi)
dengan mengandalkan (keahlian, keterampilan, kemahiran) yang tinggi
dengan melibatkan komitmen pribadi (moral) yang mendalam. Pikirkan selalu apa yang dapat
dilakukan untuk (add value)
bukan pada apa yang diperoleh. Gunakan
tenaga Penjual, Administrasi dan
tenaga Tekhnis/Developer.
>>Strategi
Produk dan Loyalitas Konsumen<<
Cintailah pelanggan, bermurah hatilah kepada pelanggan penuhilah
kebutuhannya. Differensiasi dan Positioning..
Perusahaan perlu mengembangkan
positioning yang membedakan tawaran kepada pasarnya, positioning
tidak hanya membangun image tetapi juga membangun kepercayaan konsumen
dengan menanamkan berbagai informasi, identitas tentang produk didalam
benak konsumen, sehingga konsumen selalu ingat dengan produk yang
dipasarkan. Dengan differensiasi maka perusahaan akan memiliki tempat
tersendiri dibenak konsumen. Ciptakan perbedaan misal pada (Kualitas
Produk, Layanan yang memuaskan, Tenaga terampil, saluran distribusi yang tepat, citra/merk)
Buat pelanggan merasa istimewa dengan pemberian penghargan dari loyalitas mereka. Gunakan strategi Marketing MIX Misalnya dalam penetapan harga (tawarkan beberapa produk pilihan dengan paket penawaran harga khusus/paket produk), Pemberian program promosi (diskon, pemberian souvenir/merchandise, sampling produk), Point Rewards (kupon, bisa memberikan point kepada pembeli yang dapat ditukar dengan hadiah atau bonus tertentu), mereka pasti akan senang, dan juga gunakan strategi CRM.
>> Membangun Relasi dan Menjaga hubungan Silaturahmi <<
Berbicaralah dengan orang-orang yang terlibat pada target sasaran dengan sesuatu yang mudah dipahami,
diskusi maupun presentasi. Pada dasarnya hal ini adalah formula untuk
menjalin hubungan baik, membangun kerjasama dalam menjalankan bisnis.
Silaturahmi juga menjadi dasar dalam membina hubungan baik,
tidak
hanya kepada pelanggan, supplier, rekan kerja, pesaing, namun
juga masyarakat dan investor. Poin
pentingnya, dengan silaturahmi seseorang dapat membangun jaringan yang
tak terbatas dan tentunya saling menguntungkan. Cari Mitra /koneksi orang yang
terlibat pada
target sasaran. Sumbangkan fasilitas/
bantuan kepada yang kira-kira potensial ( adakan pelatihan dan
sharing pengetahuan konsep produk/tekhnis, bangun program
kegiatan /perlombaan, gunakan membercard/kartu identitas, bangun
jalinan
kerjasama berupa proposal yang siap ditawarkan. Gunakan Saluran distribusi yang efektif,
saluran distribusi perlu memilih sarana promosi yang tepat agar produk
yang ditawarkan kepada konsumen mengena sasaran. Misal pada (Saluran distribusi
langsung, kontak komunikasi, brosur pamflet yang disalurkan/dititipkan pada target pasar-pasar setempat, Online Display web/catalog).Buat pelanggan merasa istimewa dengan pemberian penghargan dari loyalitas mereka. Gunakan strategi Marketing MIX Misalnya dalam penetapan harga (tawarkan beberapa produk pilihan dengan paket penawaran harga khusus/paket produk), Pemberian program promosi (diskon, pemberian souvenir/merchandise, sampling produk), Point Rewards (kupon, bisa memberikan point kepada pembeli yang dapat ditukar dengan hadiah atau bonus tertentu), mereka pasti akan senang, dan juga gunakan strategi CRM.
>>
Pengemasan, Pelabelan, Jaminan dan Garansi <<
Kemasan yang dirancang dengan baik dapat menciptakan kenyamanan
dan nilai promosi. Kita harus memasukkan pengemasan sebagai senjata
pemberian gaya, Label melakukan beberapa fungsi. Pertama, label
tersebut mengidentifikasi produk atau merek. Jaminan merupakan
pernyataan formal dari kinerja produk yang diharapkan oleh
pengusaha
pabrik. Produk bergaransi dapat dikembalikan kepada pabrik atau
pusat
servis yang ditunjuk untuk melakukan perbaikan, penggantian, atau
pengembalian uang.
Jaminan, apakah itu diimplikasikan, dapat dituntut secara hukum.
Jaminan, apakah itu diimplikasikan, dapat dituntut secara hukum.
>> Membangun Relasi dan Menjaga hubungan Silaturahmi <<
>> Jadikan
"Jujur"
sebagai Brand Bisnis <<
Saat memasarkan produk harus menjelaskan tentang manfaat/keuntungan,
menampilkan keunggulan serta
kekurangan/feature dan spesifikasi produk. Kegiatan promosi dan
pemasaran dapat diwujudkan dengan pemberian informasi yang benar akan
produk yang dipasarkan.
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
*Terapkan
Rahasia -rahasia berbisnis , cara berpikir dan BerEtika dalam bisnis
Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, demi meningkatkan kualitas hidup dan demi kesejahteraan untuk umat manusia. [28 C]