Strategi Pemasaran dan Promosi yang Efektif

>> Tentukan dulu Segmentasi Pasar dan Target sasaran <<
:::>>SEGMENTASI PASAR
Segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang berbeda, dimana tiap kelompok (konsumen) dapat dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk. Dengan hal ini diperlukan survei pasar ke daerah-daerah yang potensial.
TARGET PASAR:::<<
Sebuah produk atau jasa tidak dapat memasuki semua segmen pasar dimasyarakat. Oleh karena itu, diperlukan sebuah proses Targeting. Kejelian pemilihan target pasar yang tepat akan mempermudah masuknya sebuah produk baru. Apalagi dengan kondisi produk tersebut belum ada pesaing/belum ada dipasaran. Melihat target pasar berdasarkan penetapan pasar, Misal.. menetapkan pasar pada sasaran kebutuhan keluarga, Lingkungan sosial, Industri / Instansi.
>> Tenaga Profesional dan Tanggung Jawab <<
Profesionalisme seseorang dapat dilihat dari kematangan dan kemampuan skill yang dimiliki dalam menjalankan suatu usaha. Seseorang yang melakukan suatu (kegiatan, aktivitas, usaha, pekerjaan) yang dilakukan untuk mendapatkan (nafkah, kesenangan) atau memberi (konstribusi) dengan mengandalkan (keahlian, keterampilan, kemahiran) yang tinggi dengan melibatkan komitmen pribadi (moral) yang mendalam. Pikirkan selalu apa yang dapat dilakukan untuk (add value) bukan pada apa yang diperoleh. Gunakan tenaga Penjual, Administrasi dan tenaga Tekhnis/Developer.

>>Strategi Produk dan Loyalitas Konsumen<<
Cintailah pelanggan, bermurah hatilah kepada pelanggan penuhilah kebutuhannya. Differensiasi dan Positioning.. Perusahaan perlu mengembangkan positioning yang membedakan tawaran kepada pasarnya, positioning tidak hanya membangun image tetapi juga membangun kepercayaan konsumen dengan menanamkan berbagai informasi, identitas tentang produk didalam benak konsumen, sehingga konsumen selalu ingat dengan produk yang dipasarkan. Dengan differensiasi maka perusahaan akan memiliki tempat tersendiri dibenak konsumen. Ciptakan perbedaan misal pada (Kualitas Produk, Layanan yang memuaskan, Tenaga terampil, saluran distribusi yang tepat, citra/merk)

Buat pelanggan merasa istimewa dengan pemberian penghargan dari loyalitas mereka.  Gunakan strategi Marketing MIX Misalnya dalam penetapan harga (tawarkan beberapa produk pilihan dengan paket  penawaran harga khusus/paket produk), Pemberian program promosi (diskon, pemberian souvenir/merchandise, sampling produk), Point Rewards (kupon, bisa memberikan point kepada pembeli yang dapat ditukar dengan hadiah atau bonus tertentu), mereka pasti akan senang, dan juga gunakan strategi CRM.

>> Pengemasan, Pelabelan, Jaminan dan Garansi <<
Kemasan yang dirancang dengan baik dapat menciptakan kenyamanan dan nilai promosi. Kita harus memasukkan pengemasan sebagai senjata pemberian gaya, Label melakukan beberapa fungsi. Pertama, label tersebut mengidentifikasi produk atau merek. Jaminan merupakan pernyataan formal dari kinerja produk yang diharapkan oleh pengusaha pabrik. Produk bergaransi dapat dikembalikan kepada pabrik atau pusat servis yang ditunjuk untuk melakukan perbaikan, penggantian, atau pengembalian uang.
Jaminan, apakah itu diimplikasikan, dapat dituntut secara hukum.

>> Membangun Relasi dan Menjaga hubungan Silaturahmi <<
Berbicaralah dengan orang-orang yang terlibat pada target sasaran dengan sesuatu yang mudah dipahami, diskusi maupun presentasi. Pada dasarnya hal ini adalah formula untuk menjalin hubungan baik, membangun kerjasama dalam menjalankan bisnis. Silaturahmi juga menjadi dasar dalam membina hubungan baik, tidak hanya kepada pelanggan, supplier, rekan kerja,  pesaing, namun juga masyarakat dan investor. Poin pentingnya, dengan silaturahmi seseorang dapat membangun jaringan yang tak terbatas dan tentunya saling menguntungkan. Cari Mitra /koneksi orang yang terlibat pada target sasaran. Sumbangkan fasilitas/ bantuan kepada yang kira-kira potensial ( adakan pelatihan dan sharing pengetahuan konsep produk/tekhnis, bangun program kegiatan /perlombaan,  gunakan membercard/kartu identitas, bangun jalinan kerjasama berupa proposal yang siap ditawarkan. Gunakan Saluran distribusi yang efektif, saluran distribusi perlu memilih sarana promosi yang tepat agar produk yang ditawarkan kepada konsumen mengena sasaran. Misal pada (Saluran distribusi langsung, kontak komunikasi, brosur pamflet yang disalurkan/dititipkan pada target pasar-pasar setempat, Online Display web/catalog).

>> Jadikan "Jujur" sebagai Brand Bisnis <<
Saat memasarkan produk harus menjelaskan tentang manfaat/keuntungan, menampilkan keunggulan serta kekurangan/feature dan spesifikasi produk. Kegiatan promosi dan pemasaran dapat diwujudkan dengan pemberian informasi yang benar akan produk yang dipasarkan.
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
*Terapkan Rahasia -rahasia berbisnis , cara berpikir dan BerEtika dalam bisnis
Save as PDF

Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, demi meningkatkan kualitas hidup dan demi kesejahteraan untuk umat manusia. [28 C]